Alfred Riedl Wafat Dunia sebab Penyakit Kanker

Posted on

Berita duka buat sepakbola Indonesia. Bekas pelatih Tim nasional Indonesia Alfred Riedl dipastikan wafat di umurnya yang ke-70 sebab penyakit kanker.
Berita ini tampil pada media Austria, Kurier, yang mengatakan Alfred Riedl tutup umur pada, Senin (7/9/2020). Disebut jika pria kelahiran Wina itu sudah lama berusaha menantang penyakit.

Serta 13 tahun kemarin dia pernah terima ginjal dari seorang pendonor. Hal tersebut yang disangka membuat Riedl tidak berhasil melatih Persebaya Surabaya di Shopee Liga 1 2019.

Selanjutnya, Alfred Riedl tidak berhasil mengatasi Bajul Ijo sebab sangkaan permasalahan kesehatan. Asistennya, Wolfgang Pikal yang selanjutnya jadi Pelatih Persebaya, tetapi hanya bertahan seumur jagung.

“Berita duka, Bekas Bos OFB (Asosiasi Sepakbola Austria) wafat di umurnya yang ke-70 sebab penyakit serius. Alfred Riedl wafat sebab kanker pada Senin malam sebelum hari Selasa,” catat Kurier.

Walau tidak pernah memberi prestasi buat Tim nasional Indonesia, nama Riedl cukup tersohor di sepakbola Tanah Air. Dia lebih dari sekali mengatasi Tim nasional Indonesia, persisnya pada 2010, 2013, serta 2016. Selain waktu baktinya yang panjang, dia populer untuk pelatih tegas.

Dalam periode dedikasinya di Indonesia, dia 2x mengantar Tim nasional Indonesia maju ke babak final Piala AFF pada edisi 2010 serta 2016. Paling istimewa pada 2016 sebab Tim nasional Indonesia tampil dengan scuad seadanya sebab limitasi optimal menyebut dua pemain dari tiap club. Sayang, 2x juga Tim nasional Indonesia kalah di partai pucuk.

Di luar Indonesia, nama Riedl harum di Vietnam. Dia pernah mengantarkan Vietnam jadi runner-up Piala Tiger (nama lama Piala AFF) 1998. Vietnam sukses dibawa ke babak perempat final Piala Asia 2007.

Di level tim nasional, Alfred Riedl pernah melatih Austria, Liechtenstein, Palestina, Laos, serta klub-klub seperti El Zamalek, Hai Phong, sampai PSM Makassar. Sesaat di waktu bermainnya, dia berposisi untuk penyerang serta punyai empat caps bela Tim nasional Austria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *