Riwayat Chelsea FC dari Awalnya Berdiri Sampai Saat ini

Posted on

 

 

Chelsea adalah club sepakbola asal kota London, Inggris. Team yang dipanggil The Blues jadi salah satunya club profesional di Liga Inggris yang terkenal. Chelsea awalannya dibangun di tahun 1905. Keberhasilan besar mereka baru betul-betul dicapai semenjak tahun 2003 waktu club ini dibeli oleh pebisnis asal Rusia, Roman Abramovich. Walau demikian bukan bermakna awalnya Chelsea tidak mempunyai riwayat. Club yang bertempat di Stadion Stamford Bridge ini mempunyai riwayat sebagai salah satunya club yang berpengalaman dikompetisi Liga Inggris. Berikut adalah informasi riwayat Chelsea FC dari tahun ke tahun dimulai dari awalnya berdiri sampai saat ini.

Riwayat Chelsea

Awalnya Dibangun oleh Gus Mears

Chelsea dibuat pada tahun 1905 oleh Henry Augustus ‘Gus’ Mears. Awalannya pada tahun 1904, Gus Mears yang disebut fans sepakbola beli tempat Stadion Stamford Bridge Athletic Ground di Fulham, London Barat. Dia awalannya merayu Fulham FC, club sepakbola yang telah berada di wilayah itu untuk memakai tempat yang dia membeli selaku stadion mereka. Oleh karenanya, Gus Mears selanjutnya memilih untuk membuat club sepakbola sendiri yang akan bermain di Stamford Bridge.

Pada akhirnya pada tanggal 10 Maret 1905, Chelsea Football Klub dibangun. Awalannya mereka pengin memakai nama Fulham sesuai nama wilayah, tetapi telah ada club bernama sama. Pilihan nama lain ialah Kensington FC, London FC sampai Stamford Bridge FC, tetapi nama Chelsea FC selanjutnya yang diputuskan. Club ini selanjutnya langsung tergabung ke persaingan Football League Liga Inggris. Pada musim ke-2 , Chelsea langsung promo ke kelas khusus First Seksion, walau di sejumlah tahun awalnya kerap kemunduran dan promo kembali pada beberapa musim.

Club ini selanjutnya jadi benar-benar terkenal dan mempunyai rekam jejak populer sebab sering mengambil pemain bernama besar dan banyak pemirsa yang tiba ke stadion, tetapi piala masih tidak juga dicapai. Di zaman 50an di bawah kendalian pelatih Ted Drake, Chelsea jadi semakin modern salah satunya dengan mengubah simbol club dan meningkatkan sarana dan training pemain muda. Chelsea juga meraih titel juara Liga Inggris pertama kalinya pada tahun 1955.

Keberhasilan di Tahun 60an dan 90an

Pada tahun 60an, Chelsea stabil berkompetisi di kelas atas dan berhasil meraih piala Piala FA 1970 dan Piala Liga 1965. The Blues bahkan juga berhasil meraih titel juara di persaingan Eropa pertama kalinya, waktu jadi juara di gelaran Piala Winners 1970-71 dengan menaklukkan Real Madrid di final. Prestasi Chelsea kembali lagi turun diakhir 70an dan 80an. Kritis keuangan karena gagasan project perbaikan stadion membuat Chelsea sempat tersuruk sampai pada akhirnya terdegradasi. Permasalahan kekacauan supporter dan keluarnya pemain bintang membuat The Blues semakin tersuruk.

Pelatih John Neal selanjutnya jadi penyelamat dengan bawa Chelsea promo ke Seksi Khusus kembali. Chelsea juga bertahan waktu pola Premier League pertama dikenalkan pada tahun 1992. Pemilihan pelatih Ruud Gullit (1996-1998) dan Gianluca Vialli (1998-2000) selaku pelatih sanggup mengorbitkan nama Chelsea. Chelsea berhasil menyikat 2 Piala FA, 1 Piala Liga, 1 Piala Winners dan 1 Piala Super Eropa di masa akhir 90an. Gianfranco Zola jadi pemain kunci khusus Chelsea di zaman ini. Chelsea juga pertamanya kali bermain di Liga Champions di tahun 2001.

Zaman Roman Abramovich

Zaman 2000an jadi titik balik keberhasilan Chelsea. Pada Juni 2003, pebisnis asal Rusia, Roman Abramovich beli Chelsea dengan dana 140 juta euro. Abramovich juga melakukan investasi besar dengan datangkan pemain luar biasa di Chelsea, jadikan club ini selaku salah satunya club paling kaya di dunia. Kehadiran pelatih Jose Mourinho gantikan Claudio Ranieri juga berbuah manis. Mourinho bawa Chelsea dalam periode keemasan, dengan meraih 2 gelar Premier League beruntun (2005 dan 2006) ditambahkan 1 Piala FA, 2 Piala Liga dan 1 Community Shield.

Chelsea sempat maju ke babak final Liga Champions 2008 saat sebelum ditaklukkan sama-sama club Inggris, Manchester United di final. Chelsea selanjutnya meraih double winners pada tahun 2010 di bawah kendalian pelatih Carlo Ancelotti. The Blues pada akhirnya berhasil meraih piala Liga Champions pada musim 2011-12 sesudah menaklukkan Bayern Munchen di final, jadi piala palinng berprestise dalam riwayat Chelsea. Pelatih sesaat Roberto Di Matteo jadi pelatih waktu Chelsea jadi juara Champions League. Satu musim sesudahnya Chelsea meraih piala Europa League, kesempatan ini karena pelatih Rafael Benitez.

Peranan Abramovich dalam membuat team berpengaruh positif untuk prestasi Chelsea, yang sekarang jadi salah satunya club hebat dunia. Beberapa pemain bintang dibeli pada harga mahal di zaman Abramovich, seperti Didier Drogba, Michael Essien, Andriy Shevchenko, Ashley Cole, Cesc Fabregas, Fernando Torres, Eden Hazard sampai N’Golo Kante. Pemain legenda Chelsea lain dalam riwayat Chelsea di zaman 2000an ialah John Terry, Frank Lampard sampai Pietr Cech. Sekarang, The Blues juga jadi salah satunya club terbaik dan paling populer, baik di Inggris atau Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *